Waspadai Penggunaan Obat NSAID

Waspadai Penggunaan Obat NSAID

Obat NSAID (Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drug) adalah golongan obat yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit (analgetik), menurunkan panas badan (antipiretik), dan mengurangi peradangan (anti inflamasi). Obat ini digunakan luas oleh tenaga kesehatan untuk mengatasi gejala. Namun karena obat ini dapat dibeli bebas di toko kesehatan maupun apotek tanpa resep dokter, maka penggunaannya seringkali luput dari pengawasan dokter sehingga mengakibatkan banyak komplikasi. Obat ini relatif aman jika digunakan dalam jangka waktu pendek, namun memiliki banyak efek samping buruk bila digunakan dalam jangka waktu panjang apalagi tanpa pengawasan dari tenaga kesehatan.

Efek Samping Obat NSAID

Efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan obat NSAID terutama adalah pada sistem pencernaan, yaitu nyeri ulu hati. Penggunaan obat NSAID dalam jangka waktu bertahun-tahun dapat melukai organ lambung bahkan dapat mengkibatkan kebocoran lambung (perforasi). Untuk itu penggunaan NSAID perlu diwaspadai, terutama pada penderita yang memiliki risiko tinggi terjadinya komplikasi, yaitu:

  • Usia lanjut (berusia di atas 65 tahun)
  • Perokok berat
  • Riwayat gangguan pencernaan
  • Pengguna obat NSAID dosis tinggi
  • Pengguna obat NSAID jangka panjang

Efek samping lain penggunaan obat NSAID adalah meningkatkan risiko terjadinya gangguan ginjal, gangguan jantung maupun pembuluh darah. Oleh karena itu penggunaan obat NSAID perlu diwaspadai pada penderita dengan keadaan:

  • Usia lanjut (berusia di atas 65 tahun)
  • Riwayat tekanan darah tinggi
  • Gangguan fungsi ginjal
  • Gangguan fungsi hati
  • Gagal jantung

Efek Samping NSAID pada Wanita

Pada wanita hamil atau wanita yang berencana hamil, penggunaan obat NSAID sebaiknya dihindari. Pada trimester pertama kehamilan, obat NSAID dapat mengganggu kesejahteraan janin (meskipun kecil kemungkinannya), sedangkan pada trimester ketiga penggunaan NSAID dapat mengakibatkan hipertensi pulmonal (suatu keadaan pembuluh darah arteri di paru-paru bayi menyempit)

Para ahli menyarankan untuk menggunakan obat asetaminofen (parasetamol, Tylenol) pada wanita yang ingin memiliki bayi, karena pada beberapa kasus terdapat kesulitan untuk hamil jika menggunakan obat NSAID lainnya.

Penggunaan NSAID sesaat sebelum melahirkan dapat mengkibatkan proses persalinan berjalan lebih lama.

Menurut National Health Service (NHS) di Inggirs, penggunaan NSAIDS pada wanita menyusui sebaiknya dihindari. Bila benar-benar dibutuhkan, penggunaan NSAID sebaiknya dalam dosis yang rendah.

Efek samping NSAID pada Kondisi Tertentu

Pada penderita asma, NSAID dapat memperburuk gejala dan disarankan agar tidak menggunakannya. Gunakan dalam waktu singkat, jika memang dibutuhkan.

Penggunaan NSAID setelah tindakan operasi sebaiknya dihindari karena meningkatkan risiko perdarahan.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (3 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
Waspadai Penggunaan Obat NSAID, 5.0 out of 5 based on 3 ratings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>